Kesehatan Wanita

10 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi WanitainfoCrystalx.com – Tips menjaga kesehatan reproduksi wanita memang perlu diketahui walaupun teknologi kedokteran sudah begitu canggih dalam menangani masalah kesehatan reproduksi wanita, namun akan jauh lebih baik apabila kita sendiri berikhtiar menjaga kesehatan reproduksi sedini mungkin, daripada bergantung pada medical treatment semata. Banyak masalah yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi wanita, misalnya infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus, atau bakteri, yang dapat menyebabkan radang panggul atau ada kelainan pada struktur organ reproduksi wanita.

Berikut langkah-langkah sederhana berupa tips menjaga kesehatan reproduksi wanita :

1. Biasakan untuk membilas vagina setiap kali selesai buang urin dan/atau air besar, harus membilasnya sampai bersih. Caranya yaitu dengan membasuh menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang setiap kali usai buang air kecil atau buang air besar.

2. Perhatikan jenis kertas tisu yang digunakan untuk membersihkan daerah vagina. Lendir dan air memang terserap dengan baik oleh tisu. Namun tisu yang digunakan bisa saja tercemar oleh kuman dan bakteri penyebab infeksi.

3. Gantilah celana dalam paling tidak 2x dalam sehari, apalagi saat udara panas. Pastikan memilih celana dalam yang mudah menyerap keringat, misalnya katun.

4. Hindari celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam yang terlalu ketat akan menekan otot vagina dan membuat suasana lembab, misalnya celana jeans, karena dapat memicu kelembaban dan memberi peluang jamur tumbuh subur pada area ini.

5. Sebaiknya menggunakan air yang berasal dari kran jika berada di toilet umum, hindari penggunaan air yang berasal dari tempat penampungan karena menurut penelitian air yang ditampung di toilet umum dapat mengandung bakteri dan jamur.

6. Hindari penggunaan panty liner beraroma (parfum) atau secara terus-menerus setiap hari karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Panty liner hanya digunakan saat mengalami keputihan saja, selalu mempersiapkan celana dalam lebih untuk ganti.

7. Gunakan pembalut dengan permukaan yang lembut dan kering sehingga tidak menimbulkan iritasi ketika anda menstruasi. Selain itu gantilah pembalut sesering mungkin. Pada saat aliran darah banyak, minimal 5-6 jam sekali. Darah yang tertampung pada pembalut bisa menjadi media tumbuhnya kuman penyebab infeksi.

8. Hindari penggunaan cairan khusus pembersih organ intim secara rutin karena akan mengganggu keseimbangan flora dalam vagina. Bila terlalu sering dipakai, justru akan membunuh bakteri baik dalam vagina, yang selanjutnya akan memicu tumbuhnya jamur. Akibatnya, muncul gatal-gatal di area organ intim.

9. Bulu di sekitar area kewanitaan apabila terlalu panjang akan menjadi sarang kuman.

10. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya serat serta antioksidan. Hal ini tidak hanya membantu mencegah infeksi yang disebabkan jamur pada organ intim wanita, tetapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Semoga Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita bermanfaat bagi kita semua

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *